Prestasi Anies Baswedan 5 Tahun Jadi Gubernur Jakarta


Anies Baswedan  saat ini santer menjadi buah bibir masyarakat dengan gagasan perubahan yang menjadi modal utama untuk Pilpres Februari 2024 mendatang. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era Jokowi-JK yang kemudian terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menyisakan banyak peninggalan-peninggalan yang menjadi prestasinya selama menjabat Gubernur DKI Jakarta. 

Prestasi Anies Baswedan  ini kemudian menjadi rekam jejak dan pertimbangan untuk meyakinkan pendukungnya memilih dengan rasional. Lantas apa saja, prestasi Anies Baswedan selama memimpin DKI Jakarta dalam kurun waktu 5 tahun tersebut?

1. Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC)

Gelaran Formule-E yang semula menjadi keragu-raguan masyarakat akan terselenggara tepat waktu, karena kawasan monas yang semula akan menjadi lokasi dibangunnya JIEC ini tidak diperkenankan oleh pemerintah pusat. 

Tidak patah arang, Anies Baswedan dengan kebijakannya membangun JIEC yang megah di kawasan Ancol, Jakarta Utara dengan latar belakang Jakarta International Stadium (JIS). 

Akhirnya sirkuit yang dibangun sepanjang 2,4 kilometer, dengan lebar 12 meter dan 18 tikungan menelan anggaran 190 miliar tersebut berhasil di bangun, serta acaranya sukses digelar pada 14 Juni 2022. 

2. Jakarta International Stadium (JIS)

JIS merupakan salah satu karya Anies yang monumental, karena pembangunan yang menelan biaya 4,5 triliun ini mengusung konsep green building pertama di Indonesia. 

Stadion ini menjadi ikon baru di Jakarta Utara, dan digadang-gadang menjadi kandang bagi klub sepak bola kenamaan Persija Jakarta.

3. Revitalisasi Kota Tua

Kawasan Kota Tua kini lebih cantik dan nyaman, karena Anies Baswedan telah melakukan revitalisasi di kawasan ini. Tempat ini merupakan kawasan pedestrian dan ramah pejalan kaki.

Kawasan ini kemudian menjadi daya tarik, karena selain menjadi tempat bersejarah juga lebih terawat dan bersih dan menjadi salah satu kawasan yang rendah emisi karbon. 

Jalanan yang nyaman bukan hanya bagi pejalan kaki tetapi, juga ramah bagi penyandang disabilitas serta tidak akan menemukan kendaraan bermotor belalu lalang kecuali kendaraan tertentu seperti sepeda, bus listrik dan kendaraan yang berstiker khusus. 

4. Sumur Resapan

Ide mengenai sumur resapan ini sangat brilian, disamping banyak orang yang mendebatkannya. Pada akhirnya Anies Baswedan dengan sumur resapan ini rupanya efektif untuk mengurangi genangan banjir di DKI Jakarta. 

5. Pembangunan Jalur Sepeda

Layaknya kota-kota modern di dunia yang juga memperhatikan moda transportasi yang tanpa menggunakan bahan bakar minyak yaitu sepeda. Anies sendiri telah berhasil mencetuskan dan membuat jalur sepeda sebanyak 103 jalur dan ditargetkan pada tahun 2026 jalur sepeda dapat dibangun sepanjang 535,68 KM. 

6. Membangun JPO yang Instagramable

Salah satu gagasan Anies Baswedan untuk memanjakan pejalan kaki adalah dibangunnya Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang instagramable. Hal ini efektif untuk meningkatkan minat masyarakat berjalan kaki dengan nyaman dan senang hati. 

Tercatat JPO yang dibangun dengan gaya yang instagramable diantaranya JPO Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Polda Metro Jaya dan JPO Pinisi di Jalan Jendral Soedirman yang terdapat tulisan 37 nama tenaga kesehatan yang gugur saat melawan pandemic Covid-19. 

7. Aplikasi Jakarta Kini (JAKI)

Aplikasi ini dikhususkan untuk warga Jakarta yang saat itu tengah dilanda pandemic Covid-19. Aplikasi Jaki mempermudah akses informasi dan pelayanan terhadap masyarakat ketika dalam penanganan wabah Covid-19. 

8. JakLingko

JakLingko merupakan aplikasi yang memfasilitasi masyarakat untuk memudahkan akses menggunakan moda transportasi yang terintegrasi. JakLingko juga terdapat versi kartunya untuk memudah pengguna menggunakan uang elektronik dalam pembayaran jasa transportasi. 

9. Pelebaran Trotoar

Anies Baswedan memang menaruh perhatian terhadap perubahan budaya yang harus diterapkan masyarakat. Perubahan tersebut terlihat dari keberpihakannya terhadap pejalan kaki dengan melebarkan trotoar daripada jalan raya. 

Trotoar di Jakarta ini di lengkapi dengan fasilitas CCTV, Satpol PP dan Pelican Cross untuk memudah masyarakat mengakses Bus Transjakarta, MRT dan LRT yang tersedia disetiap sudut trotoar. 

10. PBB di Bawah 2 M di Bebaskan

Dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi pasca terjadi wabah pandemic Covid-19. Anies Baswedan memberlakukan pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan yang nilainya dibawah 2 Miliyar. 

Hal ini dituangkan dalam Peraturan Gubernur nomor 23 Tahun 2022 tentang kebijakan Penetapan dan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Tahun 2022.

11. Rumah DP Rp. 0

Rumah hunian yang pernah di kampanyekan Anies Baswedan pada masa Pilkada 2017 lalu telah direalisasikannya hingga dipenghujung jabatannya. Anies Baswedan berhasil membangun hunian bagi masyarakat Jakarta sebanyak 2.332 unit dengan skema DP 0 Rupiah. 

12. Kampung Susun Akuarium

Kampung yang dahulu pernah di gusur Gubernur Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok itu telah dibangun kembali dan disambut riang gembira oleh penghuni Kampung Akuarium. Kampung Susun yang terdiri dari lima menara itu diresmikan oleh Anies Baswedan saat bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-76. 

13. Fly Over Tapal Kuda

Ada Fly Over tapal kuda yang dibangun di masa kepemimpinan Anies Baswedan yang berada di Lenteng Agung dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Fly Over ini bangun agar memudahkan kendaraan yang dari arah Depok maupun Pasar Minggu memutar balik tanpa harus melintasi jalan kereta api. Jalan ini di bangun cukup efektif dalam mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jakarta. 

14. Revitalisasi Simpang Lima Pasar Senen 

Simpang Lima Pasar Senen telah dibangun dengan arsitektur modern yang memperhatikan prioritas pembangunan jalan raya yang nyaman bagi pejalan kaki, sepeda, kendaraan umum rendah emisi, angkutan umum dan kendaraan pribadi.

Di tempat ini juga Anies telah mengubah wajah JPO dengan sangat indah yaitu dibangunnya JPO Pasar Senen yang bercorak tuts piano, dan JPO Atrium Senen yang menggambarkan corak khas Betawi dengan banyaknya warna warni selain itu, kedua JPO tersebut juga dilengkapi dengan elevator. 

Itulah beberapa prestasi monumental yang dibangun oleh Anies Baswedan selama memimpin jadi Gubernur DKI Jakarta dalam kurun waktu 5 tahun. Wajah indah DKI Jakarta tidak hanya tergambar dari pembangunannya tetapi juga senyum bahagia warganya. 

Posting Komentar

0 Komentar