Perbedaan Resensi dan Review Buku

Pada tantangan Blogger Sukabumi, kami di tantang untuk menulis sebuah review buku. Tapi, kebanyakan masih belum tahu apa itu resensi buku dan apa itu review buku. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi informasi seputar apa perbedaan dari keduanya.


Pada dasarnya resensi maupun review buku memiliki objek yang sama yaitu buku. Buku yang kita baca tentu saja memiliki muatan nilai yang berbeda. Hal ini jelas sekali. Bila dilihat dari jenisnya misalnya buku fiksi dengan non-fiksi dan setiap jenis memiliki genre yang berbeda. Sebut saja jenis buku fiksi tentu beragam bentuk dan genrenya.

Buku jenis fiksi terdiri dari novel, cerita pendek, cerita mini, kumpulan cerita, dongeng, puisi dan tulisan bebas lainnya. Dengan genre yang beragam seperti, romance, thriler, horor, misteri, dan banyak lagi lainnya. Untuk lebih jelas kawan bisa baca postingan sebelumnya mengenai jenis-jenis tulisan fiksi. Sementara buku non-fiksi terdiri dari buku pelajaran, buku mata kuliah, opini, artikel, esay dan banyak lagi lainnya.

Berbicara soal resensi dan review mari kita lanjutkan pembahasannya berikut ini.

Resensi Buku

Resensi buku secara bahasa berasal dari bahasa inggris yaitu resencere yang berarti "menimbang" atau "menilai". Maka, Resensi buku merupakan sebuah tulisan yang berisi tentang penilaian terhadap sebuah karya tulis. Dalam meresensi buku kita, tidak semena-mena menilai suatu karya tetapi, ada alasan logis jika karya tersebut dikatakan bagus dan layak atau dikatakan buruk dan tidak layak.

Untuk membuat resensi buku maka, kita perlu memperhatikan sistematika penulisan resensi. Adapun sistematika resensi buku secara umum adalah sebagai berikut,

  1. Judul resensi buku (pastikan bahwa kawan sudah membaca buku yang akan diresensi)
  2. Data buku (kumpulkan data tentang buku yang kawan resensi seperti, judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal dan ukuran, hingga harga buku).
  3. Pembukaan (kawan bisa mengulas secara umum dan alasan kenapa meresensi buku pada tahap ini)
  4. Isi resensi (pada tahap ini kawan dapat membuat sinopsis, dan penilaian mengenai keunggulan dan kelemahan buku tersebut baik secara kebahasaannya bahkan hingga pengemasannya)
  5. Penutup resensi buku (pada tahap ini, kawan dapat menyimpulkan bahkan bisa merekomendasikan buku yang di resensi tersebut).

Review Buku

Review secara bahasa adalah mengulas. Maka, Review buku adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan mengenai buku tersebut. Secara umum tidak ada bedanya dengan resensi dan review buku juga dapat berupa penilai secara pribadi mengenai sebuah tulisan. Biasanya review buku, lebih spesifik karena dapat berupa ulasan dari bab per bab, maupun secara keseluruhan atau dapat pula berupa ringkasan buku yang kita baca. Jangan lupa, kita juga perlu mencantumkan judul, pengarang dan penerbitnya.

Posting Komentar

0 Komentar