6 Keutamaan Sholat Dhuha Wajib di Ketahui

Ibadah sholat dhuha merupakan sholat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan baik secara spiritual (batin) maupun secara psikis (lahir). Manfaat-manfaat tersebut sudah selayaknya kita ketahui untuk menjalankan kehidupan beragama.


Sholat dhuha dilaksanakan sejak 20 menit setelah terbitnya matahari hingga 15 menit sebelum dzuhur. Sholat sunah dhuha biasa dikerjakan sebanyak 2 hingga 12 rakaat sesuai kemampuan kita sendiri, dan pastikan pula kita senantiasa menyempatkan waktu untuk sholat dhuha setiap hari karena sholat ini memiliki banyak sekali keutamaan. Sehingga sayang sekali jika di tinggalkan.

Apa saja keutamaan sholat duha tersebut? inilah 6 keutamaan sholat duha.

1. Dimudah dan Dicukupkan Rizkinya

Dalam sebuah Hadist Qudsi Rasulullah SAW bersabda,

"Wahai anak adam, janganlah kamu merasa lemah dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di hari akhirmu" (HR. Abu Darda')

2. Sholat Dhuha Sama Dengan Sedekah

Rasulullah SAW bersabda,

"Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah,  menyuruh kepada yang ma'ruf adalah sedekah, mencegah yang munkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat dhuha" (HR. Muslim)

3. Akan di Ampuni Dosa-dosanya oleh Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa yang selalu mengerjakan sholat dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan" (HR. Tirmidzi)

5. Termasuk Golongan Orang yang Bertaubat

Rasulullah SAW bersabda,

"Tidaklah seseorang selalu mengerjakan sholat dhuha kecuali ia telah digolongkan sebagai orang yang bertaubat" (HR. Hakim)

6. Ahli Ibadah yang Taat

Rasulullah SAW bersabda,

"Barang siapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka ia ditulis sebagai orang yang tidak lalai. Barang siapa yang mengerjakannya empat rakaat, maka ia ditulissebagai orang yang ahli ibadah. Barang siapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka ia diselamatkan hari itu. Barang siapa yang mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis ia sebagai orang yang taat. Dan barang siapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di Surga untuknya." (HR. Al Thabrani)

Begitu banyak keutamaan yang kita dapatkan sebagaimana hadist-hadist Nabi tersebut. Maka, sudah selayaknya kita yang mengaku sebagai orang yang beriman untuk turut serta melaksanakan sholat dhuha semata-mata karena Allah dan mengharapkan keridhoannya dalam melaksanakan aktivitas kehidupan di dunia ini.

Posting Komentar

0 Komentar