Mengintip Riwayat Pendidikan Anies Baswedan dari TK hingga S3

 Setelah kemarin kita membahas bagaimana masa kecil Anies Baswedan, Anies yang tumbuh di dalam keluarga akademisi tentu sangat membantunya untuk menjadi sosok yang gemar dengan pendidikan dan tentu saja hal ini dikarenakan keteladanan kedua orangtuanya. 

Nah, bagaimana latar pendidikan Anies Baswedan selama ini dan ada cerita apa saja selama ia berproses di masa sekolahnya?

Pendidikan Anies Baswedan

1. TK Masjid Syuhada & SD Laboratori Yogyakarta

Anies memulai perjalanan pendidikannya sejak usia 5 tahun, kemudian setahun kemudian melanjutkan pendidikannya di SD Laboratori, Yogyakarta. 

2. SMPN 5 Yogyakarta

Selepasnya di SD Laboratori, Anies melanjutkan pendidikan menengah pertamanya di SMP Negeri 5 Yogyakarta. Di sini Anies berkesempatan menjadi bagian dari OSIS dan bertugas sebagai Humas. 

3. SMAN 2 Yogyakarta

Setelah tiga belajar di SMPN 5 Yogyakarta, Anies melanjutkan jenjang menengah atas di SMAN 2 Yogyakarta. Anies didapuk menjadi Ketua OSIS dan berksempatan mengikuti pelatihan kepemimpinan siswa nasional yang diikuti oleh sekitar 300 Ketua OSIS dari seluruh Indonesia. 

Pada kegiatan tersebut dipilihlah Ketua OSIS se-Indonesia yang kemudian pilihan itu jatuh kepada Anies Baswedan di tahun 1985. Selain itu, dua tahun berikutnya 1987 Anies berkesempatan terpilih mengikuti program pertukaran pelajar AFS dan tinggal selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. 

Karena hal tersebut membuat Anies telat lulus dan menyelesaikan masa SMA nya selama empat tahun di tahun 1989. 

4. S1 Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta

Setelah lulus Anies di terima di Fakultas Ekonomi UGM pada tahun 1989 dan menyelesaikan studinya hingga tahun 1995. 

Selama berkuliah di UGM anies sempat aktif diberbagai organisasi mahasiswa diantaranya pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa UGM dan menjadi salah satu anggota dari Himpunan Mahasiswa Islam. 

5. Studi Asia di Universitas Sophia, Tokyo, Jepang

Di pertengahan studinya di UGM, Anies memenangkan lomba menulis mengenai lingkungan dan berhak mendapatkan beasiswa dari JAL Foundation untuk mengikuti kuliah musim panas di Sophia University, Tokyo, Jepang dalam bidang kajian Asia, pada tahun 1993.

6. S2 di Universitas Maryland, College Park, Amerika Serikat

Setelah tiga tahun dari kelulusannya di Fakultas Ekonomi UGM, Anies melanjutkan studinya di tahun 1998 dan mengambil studi Master of Public Management, di Universitas Maryland, College Park, Amerika Serikat. 

7. S3 di Northern Illinois University, Amerika Serikat

Di tahun 2004, Anies Baswedan melanjutkan studi S3 Doctor of Philoshophy pada bidang departemen politik di Northern Illinois Univeristy, Amerika Serikat. 

Posting Komentar

0 Komentar