Mengejar Matahari : Memoar masa SMP

 Pernahkah kita berpikir untuk mengenang masa-masa yang telah kita lewati sehingga berada pada titik saat ini? tentu banyak hal terbaik yang telah kita lalui, dan sesekali ingin sekali mengenang dan berbagi pada generasi setelah kita atau bahkan hanya sekadar nostalgia. Inilah yang mendorongku untuk kembali menulis dalam kondisi yang tentu saja berbeda denganku diriku beberapa tahun yang lalu bahkan jauh dari itu. 

Untuk mengawali memoar masa-masa itu, ingin sekali kuceritakan banyak hal kepada kalian mengenai diriku saat ini yang kumulai dengan diriku dimasa lalu, dan aku mulai saat aku duduk di SMP. 

Hokcay, jadi Ketua OSIS

Aku merupakan lulusan SMP Negeri 1 Cidahu tahun 2012 lalu. Sungguh aku merasa bangga menjadi bagian dari SMP Negeri 1 Cidahu atau orang lain sering menyebutnya NECID. Jarak dari rumah sampai ke sekolah ini cukup jauh sekitar 4-5 KM. Biasanya, aku berangkat pagi-pagi dengan jalan kaki selama 30 menit dari rumah hingga sekolah. Jika uang jajan cukup untuk ongkos pulang, aku lebih memilih naik angkot yang ongkosnya waktu itu masih seribu rupiah. 

Selama di sekolah, aku menghabiskan waktuku dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Basket Ball, Pramuka, Paskibra dan OSIS. Ada hal yang menarik dari kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya ketika mengikuti rekrutmen pengurus OSIS tahun 2010/2011. 

Dalam rekrutmen tersebut dipilih 3 orang calon ketua OSIS. Ketika, melakukan voting perwakilan kelas sembilan waktu itu, teman-teman satu kelas ramai-ramai menunjukku sebagai calon Ketua OSIS. Aku sendiri heran, kenapa mereka memilihku menjadi calon Ketua OSIS padahal mereka sendiri yang sering mengatakan padaku bahwa aku ini orangnya hokcay alias "molohok ngacay". Itu adalah bahasa ungkupan untuk orang yang culun, cocok untuk di tindas dan tidak ada gagah-gagahnya. 


Semakin heran lagi, ketika waktu Pemilihan Ketua OSIS, dimana kandidat lainnya lebih gagah dan populer di sekolah karena merupakan atlet Volley Ball dan memiliki banyak prestasi bagi sekolah. Tapi, itulah demokrasi siapapun yang menang harus siap memimpin. Dan aku merasa beruntung mendapatkan kesempatan untuk memimpin dan belajar leadership melalui OSIS. 




Pramuka Dadakan

Melalui kegiatan OSIS di SMP akhirnya aku mendapatkan beberapa kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan sekolah di luar. Di tempat ini pula aku mulai mengikuti kegiatan kepramukaan dan mendapatkan beberapa pengalaman berharga. 





Kegiatan Pramuka yang pertama kali aku ikuti adalah kegiatan Lomba Tingkat II (LT II) yaitu lomba ketangkasan Pramuka di tingkat Kecamatan pada tahun 2011. Aku mengikuti kegiatan tersebut bukan tanpa sebab, justru aku ikut kegiatan tersebut karena di sekolah tidak ada pasukan Pramuka. Karena, kami menganggap OSIS ini harus siap sedia dalam keadaan sekolah membutuhkan jadilah kami Pasukan Pramuka Penggalang secara dadakan. 



Tidak sangka, Pasukan ini yang dipimpin oleh temanku Ikal dapat meraih juara ke-3. Semangat ini yang kemudian mengantarkan kita untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu LT III dan kegiatan-kegiatan lainnya. Kami pun pernah mendapatkan juara II mengikuti kegiatan Lomba Ketangkasan Pramuka Penggalang yang diselenggarakan oleh SMK N1 Kota Sukabumi di tahun yang sama. 


Posting Komentar

0 Komentar