Tipe-Tipe Mahasiswa yang Harus Kamu Ketahui!

Bagaimana persaanmu ketika pertama kalinya menjadi mahasiswa? bahagia tidak terkira, ketika dapat mengubah status diri dari pelajar menjadi mahasiswa. Hal tersebut wajar saja, karena pada dasarnya tidak semua orang dapat memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi mahasiswa. 

Dimasa-masa awal menjadi mahasiswa tentu ada rasa kebanggaan, bagaimana tidak orang-orang akan memandang kita berbeda hal tersebut seirama dengan kedudukan mahasiswa sebagai the midle class. Kebanggaan tersebut, harus diiringi dengan peran-peran yang menjadi dasar untuk tumbuhnya kesadaran bahwa, kebanggaan menjadi mahasiswa bukanlah soal statusnya tetapi soal peranannya. 

Mahasiswa di gadang-gadangkan sebagai agent social of change yaitu kesadaran mahasiswa akan pentingnya untuk menjadi pelopor perubahan atau pelaku pada perubahan-perubahan sosial yang ada di masyarakat. Kemudian agent social of controll yaitu kesadaran mahasiswa akan pentingnya kontrol sosial di masyarakat terhadap perubahan-perubahan sosial yang ditimbulkan oleh pelaku-pelaku kebijakan, pelaku usaha, dan pelaku-pelaku sosial lainnya. Terakhir mahasiswa dinisbatkan sebagai iron stock yaitu kesadaran akan dirinya sendiri sebagai pemimpin di masa depan. 

Pada dasarnya, manusia di dunia ini sangat beragam begitu pula dengan mahasiswa beragam coraknya. Mereka memiliki tipe-tipenya masing sesuai dengan kadar kesadaran yang dimilikinya. Berikut, saya menghimpun beberapa tipe mahasiswa menurut catatan mang ule.

Kupu-kupu

Kalo secara harfiah kita menganggap bahwa kupu-kupu merupakan hewan yang sangat indah dan dapat beterbangan kemanapun. Beda halnya dengan mahasiswa tipe ini, yaitu kuliah-pulang, kuliah-pulang. Mereka lebih asyik menyibukan diri, dengan dirinya sendiri. Mengerjakan tugas mandiri, atau memang ada pekerjaan lain yang harus dikerjakannya di rumah atau di tempat lain.

Kunang-kunang 

Biasanya kunang-kunang akan terlihat indah pada malam hari. Begitu pula dengan mahasiswa pada tipe kunang-kunang alias kuliah-nangkring, kuliah-nangkring. Sebenarnya ngak masalah sih selama punya banyak uang. Tapi, justru itu akan menjadikan mahasiswa itu sendiri hedonis dan bermalas-malasan. Biasanya, mereka lebih senang mengahbiskan waktu di meja kafe-kafe, atau bar daripada menghabiskan waktu di kampus atau mengerjakan tugas kampus. 

Kura-kura 

Kura-kura identik dengan gerakannya yang lamban dan memiliki pelindungan dalam tubuhnya berbentuk batok. Beda halnya dengan mahasiswa tipe ini, yaitu mahasiswa yang mulai sadar akan peran dan fungsinya sehingga ia mulai bergelut dan mendalami dunia aktivis. Maka, tidak heran aktivitas mereka adalah kuliah-rapat, kuliah-rapat. Terkadang, karena keasyikan berorganisasi mereka malah meninggalkan kewajibannya untuk menyelesaikan kuliah. Akan tetapi, lebih banyak lagi dari mereka yang sukses berorganisasi dan sukses pula kuliahnya. 

Siluman

Kalo sebelumnya tipe mahasiswa diambil dari nama hewan, beda hal lainnya dengan mahasiswa tipe yang satu ini. Siluman merupakan makhluk gaib yang biasanya termasuk roh jahat dalam kepercayaan dinamisme dan animisme. Mahasiswa tipe siluman ini adalah mereka yang hanya kuliah pada saat ujian saja, seperti UTS dan UAS. Sisanya, jarang sekali masuk sekolah. Seharusnya sih udah di DO mahasiswa tipe ini. 

Setiap mahasiswa selalu memiliki corak dan kepribadian masing-masing. Bagi kamu yang memang mahasiswa baru, saranku jadilah mahasiswa tipe kura-kura karena tipe mahasiswa macam ini sangat berguna sekali bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Selain bisa menambah pengalaman organisasi juga akan memberikan banyak keterampilan terutaman dalam kepemimpinan dan manajemen organisasi. 

Sementara itu, semua kembali lagi kepada keputusan kita masing-masing mau jadi kelak dimasa depan? Dunia mahasiswa adalah gambaran aktual diri kita dimasa yang akan datang. Memupuk idealisme dan meningkatkan kualitas diri.

Posting Komentar

0 Komentar