RH. Ibrahim Sang Penggagas Maenpo Cikalong Cianjur

Pencak Silat merupakan olahraga bela diri yang sangat populer di Indonesia. Berkembang dan terus menginvasi dunia dengan seni dan olahraga. Kini, pencak silat sudah mulai digandrungi masyarakat dunia dan tentu saja kita perlu bangga bahwa sebuah olahraga bela diri asal Indonesia yang merupakan warisan para leluhur ini menjadi perhitungan olahraga bela diri di dunia. 

Selain itu, pencak silat sudah mulai di pertandingkan di ajang-ajang olahraga internasional seperti Sea Games, dan Asian Games. Konon katanya, pencak silat sedang di upayakan agar mendapat tempat dan dipertandingkan di ajang olimpiade dunia. Semoga saja, harapan tersebut dapat terwujudkan. 

Di Indonesia sendiri, pencak silat sudah tidak perlu ditanyakan lagi eksistensinya. Mereka yang menyukai dan rutin latihan pencak silat bukan hanya menjaga tubuhnya agar tetap sehat tetapi juga menjaga agar warisan leluhur bangsa ini tetapi sejati dan abadi. Salah satu perguruan pencak silat yang populer adalah Maenpo Cikalong.

RH. Ibrahim adalah tokoh pendiri Maenpo Cikalong dan di gadang-gadangkan sebagai sosok pendiri perguruan pencak silat pertama dalam hal perguruan tenaga dalam. Melalui falsafah ngaos, mamaos dan maenpo aliran Maenpo Cikalong mendapat tempat di hati masyarakat. Dari sinilah ia mengembangkan aliran pencak silat yang ia terima dari berbagai pendekar. Tidak tanggung-tanggung ia belajar pencak silat kepada banyak guru dari banyak perguruan selama masa hidupnya. Disebutkannya ada sekitar 17 lebih guru pencak silat yang ia temui dan ia belajar disana. 

RH. Ibrahim adalah sosok yang menjadi ikon Cianjur dengan aliran pencak silatnya yang mulai dikenal di kalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia sejak abad ke-19. RH. Ibrahmim memiliki nama R. Jayaperbata (1816-1906) merupakan keturunan R. Rajadireja (Aom Raja) salah seorang bangsawan asal Cianjur. 

Maenpo sendiri merupakan aliran pencak silat yang menekankan pada pukulan dan merupakan bagian dari kekuatan tenaga dalam. Maenpo Cikalong salah satu pencak silat pada aliran ini. Maenpo Cikalong lahir karena kegigihan seorang RH. Ibrahim yang menuntut ilmu pencak silat dari pendekar-pendekar terkemuka di Indonesia yang kemudian hari ia sampai bertapa di Gua Cikalong. Cikalong adalah nama tempat yang ada di Cianjur dan merupakan tempat lahir dan meninggalnya tokoh pencak silat tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar