Udara Segar di Situ Sukarame, Parakansalak

Main kemana lagi nih kita, untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga, teman atau komunitas. Sepertinya menghirup udara segar pegunungan dengan pemandangan yang fenomenal akan sangat mengasyikan. Baiklah, saya akan merekomendasikan sebuah tempat yang layak untuk kita kunjungi dalam menikmati akhir pekan. Diantaranya adalah Situ Sukarame.


Pernahkah kawan-kawan mendengar tentang Situ Sukarame? Kali ini saya akan berbagi informasi kepada kawan-kawan semua. Situ Sukarame adalah sebuah tempat wisata yang wajib kawan kunjungi apabila berkunjung ke Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Kampung Sukarame, Parakansalak, Sukabumi. Letaknya tidak jauh dari Stasiun Parungkuda, cukup naik satu kali angkutan umum yang menuju Parakansalak.

Seperti kebanyakan tempat-tempat wisata lainnya yang memiliki legenda yang sangat berkesan, begitu pula dengan Situ Sukarame ini sendiri memiliki asal-usul yang sangat menarik. Pada mulanya, tempat tersebut merupakan kawasan hutan rimba dan tidak seorangpun yang menjadi penduduk disana. Setelah salah satu tokoh Kesultanan Mataram yang menjadi buronan Kolonial Belanda yang bernama Ama Sadarina menetap disana, dan membuka perguruan ilmu Pencak Silat sehingga tempat tersebut menjadi ramai oleh orang-orang yang ingin belajar.

Pada dasarnya, Situ Sukarame merupakan danau buatan yang sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Danau ini yang kemudian menjadi tempat bertemunya 7 (tujuh) aliran sungai yang ada di sekitarnya yaitu Sungai Cipangelah, Cikahuripan, Citaman, Cisalada, Cimaci, Cisarandi dan Cisela. Selain itu, Situ Sukarame juga menawarkan pemandangan yang indah nan mempesona.

Pemandangan yang kita dapatkan diantaranya, pemandangan danau dengan pulau di tengahnya, rimbunnya pohon damar dan pinus, serta hamparan kebun teh diatasnya. Di tempat ini, juga sering digunakan untuk berkemah oleh para komunitas atau pelajar, sehingga kita dapat menghirup udara segar ketika matahari menyambut di ufuk timur. Situ Sukarame juga di lengkapi dengan dengan fasilitas WC Umum dan berbagai jajanan yang beraneka ragam.


Nah, bagi kawan-kawan yang sudah siap untuk menikmati pesona Situ Sukarame, Parakansalak segera siapkan budget untuk tiket masuknya seharga Rp. 10.000,00/Orang. Berkomunitas mungkin akan bisa lebih murah lagi, makanya tidak ada salahnya kalau kawan-kawan mengajak teman sepermainan bukan? Kawan-kawan juga bisa menikmati fasilitas kendarain air yaitu gowes yang berbentuk angsa, hanya dengan membayarkan tiket Rp. 5.000,00/Orang kawan-kawan sudah bisa gowes angsa dan berkeliling danau mengitari pulau kecil. Wah... menyenangkan sekali bukan? Kawan-kawan, ayo habiskan waktu akhir pekanmu dengan aktivitas menyenangkan di Situ Sukarame.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Deket rumah nih, kalau momen bulan ramadhan, warga lokal terbiasa ke sana ba'da shubuh. Melewati jalanan gelapun tak maasalah

    BalasHapus
  2. Salah satu tempat yang bikin orang dari kampung saya mau pada lari pagi.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan komentar untuk catatan yang lebih baik lagi.