Panorama Menggoda di Cangkuang, Gunung Halimun Salak

Sudah siap berakhir pekan kawan-kawan? biasanya kalo sedang dalam masa liburan seperti ini destinasi wisata seperti apa yang kawan-kawan cari, bermain pasir di pantai atau menjelajahi gunung? Apapun itu lokasinya berwisata ke tempat-tempat yang kita senangi merupakan sebuah refleksi kehidupan.

Liburan ke tempat-tempat tertentu merupakan sebuah obat untuk mengurangi stres atau melepas penat setelah bekerja, aktivitas lainnya atau bosan karena terlalu lama di rumah akibat pandemic covid-19. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi sekaligus merekomendasikan tempat yang asyik untuk menghabiskan masa akhir pekan kawan-kawan. Bagi kawan-kawan yang membutuhkan tempat yang sejuk nan asri, dengan suasana alam yang dapat menyegarkan pikiran adalah Cangkuang Gunung Halimun Salak jawabannya.

Cangkuang Gunung Halimun Salak merupakan salah satu tempat wisata yang di kelola oleh Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kadang, orang-orang menyebutnya JavanaSpa atau JV padahal Javana Spa atau lebih populernya JV merupakan hotel yang berada di Cangkuang. Terlepas dari itu, memang di Gunung Salak ini banyak lokasi sebagai destinasi wisata yang dapat kita temui.

Untuk menuju ke lokasi ini kawan-kawan bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau angkutan umum. Kalo kawan-kawan menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi kawan-kawan bisa parkir di lokasi atau di mes yang di samping Masjid Ar-Raihan. Sementara jika kawan-kawan menggunakan angkutan umum kawan-kawan bisa menggunakan angkutan umum berwarna putih dengan tujuan terminal Cidahu. Selepas dari terminal kawan-kawan bisa melanjutkan dengan jalan yang hanya kurang lebih 3 KM hingga lokasi, atau bisa menggunakan jasa ojek yang mangkal di terminal Cidahu.


Di Cangkuang sendiri, agar kita bisa masuk ke dalamnya cukup dengan merogoh kocek untuk tiket sebesar Rp. 15.000 per orang. Dalam kunjungan tersebut, kita sudah bisa menikmati panorama yang menggoda dengan kesejukan hutan yang asri, berbagai jenis flora dan fauna bisa kita temui. Lebih asyiknya lagi kita mengunjungi empat air terjun yang tersedia. Kawan-kawan ngak usah khawatir karena disini sudah di buatkan penunjuk jalannya sehingga tidak kita tidak akan tersesat.


Di tempat ini juga terdapat lokasi camp ground yang dapat kita gunakan untuk menikmati malam bersama teman-teman, atau memandang indahnya sunrise di pagi hari ketika matahari menyapa di ufuk timur. Hanya dengan membayar Rp. 32.000 kita bisa mendapatkan izin untuk mendirikan tenda disana dengan fasilitasnya seperti penerangan, dan WC umum juga sudah termasuk include.

Apakah di masa pandemic seperti ini kita bisa mengunjungi tempat wisata tersebut? Kawan-kawan tidak perlu cemas, setelah Pemerintah Jawa Barat mencabut kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan tempat-tempat wisata sudah mulai di buka. Termasuk Cangkuang, saat ini kita bisa memasuki lokasi tersebut dengan memperhatikan protokol kesehatan dan dibatasi hanya untuk 50% pengunjung dari biasanya.

Bagaimana? menarik bukan, segera kunjungi Cangkuang, Gunung Halimun Salak sekarang juga!!

Posting Komentar

4 Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan komentar untuk catatan yang lebih baik lagi.