Cara Membuat Diagram pada Microsoft Word

Saatnya berbagi tips dengan kawan mang Ule nih. Baiklah, tips kali masih seputar mengoperasikan Microsoft Word. Meskipun Ms. Word atau pengolah kata ini lahir sudah lama bahkan di perbaharui dengan versi terbaru rupanya masih banyak orang yang belum memahami fungsi-fungsi Ms. Word yang bisa di manfaatkan untuk memudahkan dalam pekerjaan kita.


Pada postingan sebelumnya, saya telah berbagi bagaimana membuat halaman otomatis dalam mengoperasikan Ms. Word. Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi dengan kawan-kawan mengenai membuat diagram pada Ms. Word. Caranya mudah sekali kawan-kawan cukup mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan.

Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa dengan membuat diagram akan memudahkan kita untuk menganalisa suatu data. Meskipun sebenarnya, untuk mengolah angka lebih baik menggunakan Ms. Excel tapi, tidak menutup kemungkinan kita juga dapat menganalisa angka dengan sangat mudah melalui Ms. Word salah satunya dengan memanfaatkan fungsi diagram (chart).

Untuk membuat diagram pada Ms. Word pastikan dahulu bahwa kita memiliki data untuk dianalisa. Jika belum punya buat apa membuat diagram? kita bisa memanfaatkan fungsi table yang ada pada Ms. Word contohnya saya disini akan menganalisa jumlah siswa SMA Mutiara (ngarang ini mah) berdasarkan hobi yang dimiliki oleh siswa.

Bagaimana membuat tabel dengan Ms. Word? caranya kawan bisa lihat langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Ms. Word
2. Klik menu insert, kemudian klik table


3. Pilihlah kolom yang kita butuhkan, misalnya saya membutuhkan 5 x 6 (5 Horizontal dan 6 Vertikal), maka tampilannya akan seperti berikut ini!


4. Silahkan isi data yang kita inginkan sebagai dasar untuk dibuatkan diagram.
Contoh :
Tahap selanjutnya adalah cara kita membuat diagram berdasarkan data yang sudah kita miliki tersebut. Kawan-kawan cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini,

1. Klik menu insert, kemudian klik Chart


2. Setelah kawan melakukan langkah tersebut maka, akan banyak pilihan model diagram seperti apa yang kawan inginkan. Sebagai contoh saya menggunakan diagram batang berdiri, ini contoh ya... selanjutnya silahkan kawan pilih mau seperti apa diagramnya.


3. Setelah kawan-kawan memilih bentuk diagram yang diinginkan, kawan akan dialihkan pada Ms. Excel untuk memasukan data. Data yang sudah kita bikin tadi bisa diisi manual atau bisa juga diisi dengan cara copy paste. Pada lembar kerja excel disana akan terdapat kolom category dan kolom series. Silahkan ubah sesuai data kawan-kawan. Contoh sesuai dengan data yang kita buat tadi,
kolom category di ubah menjadi kolom hobi dan kolom series di ubah menjadi kolom kelas.


4. Setelah diubah maka tampilan pada Ms. Excel akan seperti berikut ini


5. Secara otomatis diagram pada Ms. Word terbentuk dan sekarang kita dapat menganalisa data yang kita buat berdasarkan diagram batang!


Wow mudah sekali bukan membuat diagram batang melalui Ms. Word. Selamat mencoba dan tunggu postingan tips selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar