Keutamaan Sholat Sunnah Hajat

Bagi umat Islam sholat merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Selain sebagai ritual wajib juga merupakan konsep spiritual yang penuh dengan makna. Layaknya manusia yang tidak punya kekuatan apapun, maka sholat merupakan sebuah cerminan diri atas kesadaran yang tumbuh dalam diri seseorang.


Dalam menjalankan kehidupan kita senantiasa diliputi dengan berbagai harapan-harapan yang tidak kunjung jua terwujudkan. Sementara ajaran Islam memberikan sebuah jalan melalui do'a. Selain itu dapat juga mengantarkan keinginan agar senantiasa cepat di kabulkan oleh Allah SWT yaitu melalui sholat yang disebut dengan sholat hajat.

Sholat hajat merupakan sholat yang dilaksanakan apabila seseorang memiliki suatu keinginan atau hajat untuk segera terkabulkan oleh Allah SWT. Sholat hajat merupakan ibadah sekaligus ikhtiar agar Allah segera mengabulkan permintaaan. Biasanya dilaksanakan sebanyak dua rakaat lebih banyak rakaat yang dikerjakan lebih baik lagi.

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW telah bersabda,

"Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dia pinta cepat atau lambat." (HR. Ahmad)

Imam al-Ghozali dalam kitab Ihya Ulumuddin-nya telah mengungkapkan bahwa keutamaan-keutamaan dalam menjalankan sholat sunnah hajat ini sebagaimana dilansir oleh liputan6.com,

"Yang kedelapan (dari beberapa sholat sunnah yang memiliki sebab) adalah sholat hajat. Siapa saja yang dalam keadaan terjepit dan membutuhkan sesuatu, baik urusan dunia maupun akhirat sedangkan dia tidak mampu menyelesaikannya, hendaklah ia melaksanakan sholat (hajat) ini."

Sementara itu, sholat hajat juga memiliki keutamaan yang lainnya diantaranya,
  1. Mendekatkan diri kepada Allah
  2. Meningkatkan ketaqwaan
  3. Terhindar dari kesulitan dan marabahaya
  4. Mendapatkan surganya Allah SWT

Jadi bagaimana dengan kawan-kawan, sudah pernahkah melaksanakan sholat hajat? Rupanya sholat sunnah hajat ini sangat penting dalam menjalankan kehidupan kita sebagai hamba. Melalui sholat ini kita diberikan gambaran bahwa manusia pada dasarnya tidak memiliki kekuatan apa-apa. Sehingga semua kita sandarkan kepada Allah, Tuhan yang memiliki kekuatan dan kehendak yang tinggi.

Posting Komentar

0 Komentar