3 Olahraga Sunnah Rasulullah SAW

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Begitu kira-kira pepatah seringkali menjadi dalil bahwa betapa pentingnya olahraga bagi kekuatan jiwa kita. Artinya, bukan sekadar menyehatkan tubuh tapi, turut juga menyehatkan jiwa.

Islam merupakan agama yang sangat universal bukan hanya mengurusi urusan ritual ibadah saja, tetapi turut serta juga dalam urusan kesehatan tubuhnya. Bagaimana Islam bisa melakukan hal itu? tentu saja semua mendasarkan pada ayat Al-Qur'an dan Hadist sehingga pada dasarnya tauladan Nabi Muhammad SAW menjadi patokan gaya hidup.


Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabada,

"Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah" (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari penggalan hadist tersebut dapat kita simpulkan bahwa Rasulullah SAW juga sangat menyukai olahraga dan merekomendasikan jenis olahraga yang baik bagi kesehatan anak. Sebagaimana hadist tersebut diantaranya adalah berkuda, berenang dan memanah.

Berkuda


Jika lihat secara seksama aktivitas berkuda kelihatannya sangat mudah, padahal tidak segampang itu. Perlu kiranya kita memahami tekhnik dalam mengendarai, menunggang dan mengendalikan kuda. Oleh karena itu olahraga yang satu ini, sangat perlu melakukan latihan secara rutin.

Menurut wikipedia berkuda merupakan istilah yang mengacu pada keterampilan menunggangi, mengendarai, melompat dan berlari menggunakan kuda. Selain sebagai media hiburan olahraga ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Menurut Katherine Blocksdorf salah seorang ahli dalam memacu kuda mengatakan olahraga berkuda baik dan bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental dan spiritual.

Berenang


Berenang merupakan sebuah gerakan sewaktu di dalam air. Berenang biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk melakukan rekreasi atau olahraga. Pada dasarnya, olahraga renang ini sangat dianjurkan karena baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Untuk melakukan olahraga berenang tidak semena-mena kita berendam langsung main air. Ada aturan khusus dan teknis-teknis yang digunakan untuk mendapatkan manfaat dari berenang. Selain melakukan pemanasan agar tubuh tidak terkejut yang kemudian menjadi kaku, kita juga harus bisa mengatur pernapasan saat berenang dalam air.

Secara teknis ada beberapa gaya berenang yang sudah diakui dalam olahraga ini. Gaya-gaya tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Gaya-gaya renang tersebut diantaranya gaya bebas, gaya punggung, gaya dada dan gaya kupu-kupu.

Ada beberapa manfaat dari olahraga renang ini sebagaimana dilansir oleh www.summareconbekasi.com diantaranya adalah,
  1. Menjaga berat badan ideal
  2. Membentuk dan menguatkan otot
  3. Baik untuk kesehatan jantung
  4. Tinggi badan bertambah
  5. Membuat tubuh rileks

Memanah


Olahraga memanah ini merupakan olahraga yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang kita ketahui bahwa memanah hendaklah menggunakan sebuah alat yaitu yang disebut dengan busur dan anak panah. Alat ini dapat di kita temukan di berbagai toko olahraga terdekat.

Memanah akhir-akhir ini menjadi sangat populer seiring dengan gerakan olahraga sunah yang terus di gencarkan di Nusantara. Tentu saja, sama dengan olahraga lain pada umumnya memanah bukan sekadar melepaskan anak panah dari busurnya melainkan ada tekhnik-tekhnik khusus untuk mempelajarinya.

Memanah sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, diantara manfaat memanah bagi kesehatan fisik dan mental adalah
  1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  2. Membangun kesabaran
  3. Baik untuk mata
  4. Menambah kecerdasan
  5. Olahraga sosial
Pada dasarnya Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk menjaga kesehatan tubuhnya, mentalnya, dan spiritualnya. Kesehatan raga harus diimbangi dengan kesehatan jiwa. Dari ketiga rekomendasi olahraga yang dianjurkan Rasulullah sebenarnya masih banyak lagi olahraga yang bermanfaat bagi kita. Hanya saja, dari ketiga olahraga tersebut merepresentasikan bahwa Rasulullah sangat menyukai olahraga.

Posting Komentar

0 Komentar